Posted in Uncategorized

My Michelle is Turning One!

Michelle’s first morning selfie as a one year old baby šŸ’œ

My baby is turning one! Time flies..

Rasanya baru kemarin hamil, mengatasanamakan segala cravings ke si janin. Eh, si janin udah setahun aja kemarin tepat hari Kamis, 13 Oktober 2016.

Michelle’s first dinner as a one year old baby
Michelle nyuapin opung doli šŸ˜ŠšŸ’œ
 

Seperti ritual yang biasanya dilakukan, setiap ada yang berulang tahun keluarga suami saya melakukan budaya makan malam di hari tersebut. Dan karena hari Kamis lalu tanggal 13 Oktober 2016 adalah ulang tahun pertama Michelle, pulang dari kantor masing-masing kami memutuskan untuk makan malam di mall terdekat, tak lain tak bukan: Citos.

Nothing much. We just had each other. Small talk, big laugh. Enjoying the dinner. Give thanks for the food. And then laugh again. Can’t believe this little creature can occupied a whole lot space in our lives. And how her little gestures (such as fed her Opung or just simply nyengir can create big laugh).

She is so dear to me.

Ok that’s enough. Before my eyes get wetter.

***

Selain ritual makan malam di hari ulang tahun. Kami juga mengadakan perayaan kecil-kecilan di KFC Kemang hari Sabtu tanggal 15 Oktober 2016 yang lalu.

Kenapa KFC?

Obviously kami sebagai orang tua nggak mau ribet. Udah itu aja. Karena kita terima beres loh, MC, dekorasi, dan segala macam perintilan provided by KFC.

Mekanisme nya gimana?

Caranya se-simpel datang ke cabang KFC yang direncanakan untuk diadakan pestanya disitu. Lalu nanti akan ada pihak marketing yang akan served kita. Kalau saya karna domisili Jakarta Selatan jadi ya memilih KFC Kemang, disamping itu area bermainnya juga lebih besar.

Waktu saya & suami datang, si marketing dari KFC mempersilakan saya & suami duduk lalu ia pergi sebentar ke kantor.

Lalu ia kembali dengan beberapa map. Isinya adalah pricelist dari si birthday package. Sebelum jauh memilih menu, hal pertama yang saya tanyakan adalah availability tanggal nya. Karena saya & suami lebih suka merayakan di hari Minggu. Pertama, karena hari Minggu tidak semacet hari Sabtu, ke dua karena kalau hari Sabtu, mertua saya ada yang masih bekerja.

Tapiiiii, ternyata hari Minggu tgl 16 Oktober sudah full booked di 3 sesi.

Lessons learned, next time kalau mau book tanggal untuk birthday party at least satu bulan sebelumnya. Kalu enggak, tanggal yang dimau nggak akan available alias udah ada yang booked.

Jadi di KFC Kemang ada 3 pilihan waktu: jam 10 pagi, jam 1 siang dan jam 4 sore. Dan ada 2 pilihan area, yang pertama di area dekat coffee shop lalu area ke dua di dekat playland yang lebih private karena di dalam ruangan tertutup.

Saya dan suami berencana ingin merayakan di area playland supaya lebih intimate. Dan dapetlah jam 1 siang.

Setelah oke dengan tanggal & waktu, menentukan estimasi jumlah anak & orang dewasa yang akan datang, baru deh bayar down payment nya sebear Rp 200.000. Sejauh yang saya ingat sih bayarnya harus cash.

Untuk birthday package yang ditawarkan oleh KFC sebetulnya sudah cukup memfasilitasi.

Tapi namanya ulang tahun anak pertama saya memang minta tolong teman untuk memberi sedikit sentuhan Elmo yang memang karakter favorit Michelle. Tapi dikarenakan satu dan lain hal, si perintilan dessert table failed untuk bisa hadir tepat waktu. Ada missed communication antara saya dan si vendor.

Well, thank God ternyata Mama mertua punya rencana untuk mengadakan misa syukur ulang tahun pertama Michelle di minggu berikutnya. Jadi saya & suami memutuskan untuk switch si perintilan dessert table ke minggu depan.

Bersama Akik & Ninik Uyut

DCIM100GOPROGOPR0169.

Dessert table itu untuk apa? Memangnya perlu banget?

Basically si dessert table itu isinya tergantung kebutuhan & ke-BM-an. Kebetulan saya nggak BM BM banget, cuma buat formalitas. Jadi komponen si dessert table waktu birthday Michelle lebih kurang seperti ini:

  • Personalised Elmo cake, ukuran 24×24
  • Jelly
  • Pudding
  • Milk
  • Marshmellow
  • Candies + Chocolate in a small fishball
  • Cookies
  • Lollipops
  • Drink
  • Personalised backdrop
  • Decorations (lampion, taplak, bunting flag, standee photos)

Sebenarnya komponen di atas bisa kita beli sendiri tinggal kita sediain waktu & keniatan untuk belanja. Tapi yang bikin berbeda adalah semuanya diberi label sesuai dengan tema yang kita mau. Ini PR lagi sih untuk design backdrop dan personalised lable, lalu properti lain seperti standee, figur karakter Elmo, Cookie Monster, Dorothy’s fish ball, bunting flag, balloons dan lain-lain.

***

Jadi sebetulnya perayaan ulang tahun yang pertama perlu enggak sih? Ya perlu enggak perlu. Tergantung orang tua sih.

Kalau saya, dibesarkan oleh Almh. Mama saya dengan mindset “ulang tahun pertama itu wajib dirayakan” pun waktu saya masih kecil dulu, Mama berusaha sungguh untuk merayakan ulang tahun pertama saya.

Be it at the orphanage or at KFC atau sejenisnya, itu kembali lagi ke pribadi masing-masing.

Kalau biaya merayakan birthday party di KFC berapa? Mahal enggak?

Pertanyaan klasik yang jawabannya juga enggak bisa diaplikasikan sama ke semua orang. Ada yang bilang perhitungan Rp 44.000 per anak itu mahal, ada yang bilang murah.

Yang jelas, di KFC Kemang mengenakan biaya Rp 800.000 per 20 anak. Sudah termasuk:

  • Kids meal + Ovaltine + Ice cream
  • Souvenir
  • Backdrop sesuai tema di bulan tersebut
  • Birthday hat untuk teman-teman si birthday girl/boy
  • Dekorasi balon
  • Mini games dengan mini merchandises
  • Invitation fisik (diberikan ketika kita booking pertama kali, setelah DP)

Untuk birthday cake, KFC bekerjasama dengan Gelael. Tapi berhubung saya sudah minta tolong dengan teman untuk dessert table included birthday cake nya jadi saya nggak pesan dari KFC.

Bisa ada activity lain nggak sih seperti magic show, face painting, pinatas?

Boleh banget. Tapi obviously ada additional cost. Di sekitaran Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000

Untuk orang dewasanya gimana perhitungannya?

Menu untuk orang dewasanya bisa kita pilih. Tentu dong saya pilih yang paling ekonomis, praktis dan tidak ceriwis. Saya & suami pilih paket yang satu nasi, satu ayam dan satu minuman – itu sekitar Rp 31.500 per pax. Jadi sistemnya pembagian kupon. Setelah acara selesai kupon dibagikan lalu ditukarkan makanan di cashier.

Kalau menurut saya worth banget dengan biaya ekonomis tapi kita nggak ribet dengan memikirkan space, dekorasi, sound, MC, acara, bingkisan, masak makanan untuk para tamu dan yang paling penting: after event nya itu alias beres-beres hehe šŸ˜›

***

Jadi first birthday bash is necessary. Asal manage sesuai dengan capacity yah Mommies! šŸ’œ

Have a great day.

Advertisements

Author:

Simply blessed by God's love.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s