New Born Essentials

Ceritanya sekarang si baby M sudah 4 bulan 3 minggu. Sebentar lagi 5 bulan tanggal 13 Maret ini. Dan bulan depan sudah MPASI! Jeng jeng. Sudah bisa apa aja? Buanyak! Apanya? Gayanya, hehe. Agak basi sih mau share tentang barang-barang baby M. Mulai dari peralatan mandi sampai ke urusan perbotolan.

Buat mom-to-be terutama, pasti ada bingung & galau nya dikit menginjak usia kehamilan ke 7 bulan. Udah gatel mau belanja belenji keperluan bayi. Ya kan? Kalau saya, berhubung mertua sudah lebih rame belanjanya duluan, jadi saya agak santai belanja nya. Kira-kira usia kehamilan menginjak ke 8 bulan baru lah saya pergi belanja belenji keperluan si baby M. Itu pun melengkapi kekurangan aja. Saya mau share nih list toko yang sudah saya jelajahi bersama misua untuk belanja keperluan si baby M.

ITC Fatmawati, Concorde Baby

Karena waktu itu lagi males pergi jauh-jauh, makanya jadilah pergi ke toko ini. Tapiiii.. Sangat disayangkan, pelayanan kurang oke. Tokonya juga sepi banget. Harga? Aduh mihil deh. Nggak lagi-lagi saya kesini. Tapi berhubung waktu itu belum tau & belum pengalaman plus malas gerak ke toko yang jauh-jauh, jadilah beli beberapa barang untuk si baby M:

  • Baju tidur lengan panjang & celana panjang, saya beli 6 pasang (lupa harganya berapa, sekitar 40rb satu pasang)
  • Set sisir merk Pigeon (75rb)
  • Gunting kuku (50rb)
  • Perlak kecil (25rb)
  • Handuk (85rb)
  • Baju kutung & celana pendek saya beli 6 pasang juga (lupa harganya berapa, sekitar 35rb satu pasang)

Oiya, disini kalau beli baju minimal beli 6pcs aka beli setengah lusin. Kalau nggak, nggak bisa. Udah kalau ga salah beli itu aja sih kayanya saya juga lupa secara udah hampir 6 bulan lalu, totalnya 900rb-an deh. Saya juga lupa.

ITC Ambassador, Fany Baby Shop

Pertama ke sini setelah si baby M lahir kira-kira baru umur 1 bulan lewat. Itu pun hasil rekomendasi dari beberapa blog ibu-ibu yang saya googling. Katanya murah. Yaudah akhirnya saya & suami iseng ke sana. Padahal belum ada keperluan yang berarti yang musti dibeli. Ada nya di lantai 3 kalau nggak salah. Dekat eskalator. Tapi tokonya ada 3, jadi mereka pisahin toko berdasarkan barang yang dijual. Pas saya liat-liat, harganya oke juga. Dan barang jualannya lumayan lengkap.

Kesini saya cuma beli:

  • Baby wipes merk Pure Baby, kebetulan lagi promo buy 2 get 1 (75rb)
  • Cutton bud merk Pigeon (5rb)
  • Breastpad merk Avent (60rb)

Oiya saya juga iseng tanya berapa harga Medela Swing breastpump disini. Kata mba-mba nya yang lumayan ramah, “Satu juta tujuh ratus, Bu..” kalau ga salah ya sekitar segitu. Wah reasonable juga, dalam hati saya.

Lalu kunjungan ke dua, baby M sudah usia 3 bulan. Saya sama suami beli keperluan tambahan & untuk kado temen yang melahirkan juga:

  • Minyak telon merk Konicare 125ml (35rb) sayangnya disini hanya menjual minyak telon merk Konicare
  • Sabun top-to-toe merk  Mothercare yang guede banget (75rb)
  • Takahi Slow Cooker yang 1.2 liter (540rb)
  • Panasonic D’Sterilizer (700rb – saya cek di ITC Mangga Dua toko Chubby Baby harganya 650rb)
  • Botol Dr.Browns ukuran 250ml (105rb kalau ga salah)

 

ITC Mangga Dua, Chubby Baby Shop (bisa cek Instagram nya disini)

Nah, ini toko bayi terakhir yang saya & suami jelajah. Punya harga paling OKE diantara yang lain. Boleh dibandingin deh sama toko lain. Kenapa saya bisa bilang begitu? Karena saya beli Medela Swing breastpump disini pemirsa. Dan murah banget!

Saya tau toko ini akibat kerajinan mantengin online shop di Instagram di kala senggang hehe. Beberapa barang yang saya beli disini:

  • Medela Swing breastpump (1,650,000)
  • Botol kaca asi isi 6 (84rb)
  • Baby Wipes merk Pure Baby, disini promo juga buy 2 get 1 (70rb – lebih murah goceng. Maklum emak-emak, biar kata lebih murah goceng itu sudah merupakan sebuah pencapaian)
  • Stroller Nuna Mixx warna caviar (4,400,000 – ini PALING MURAH! Even di yukibabyshop lebih mahal 40rb :D)
  • Kaos kaki carters set isi 3 (45rb)
  • Nursing cover (95rb)
  • Stroller Pad merk Summer (240rb)
  • Precious Bee detergent (45rb kalau ga salah, saya lupa. Yang jelas lebih murah dari Fany Baby Shop)

Yang saya inget cuma itu sih.

Saya beli barang benar-benar yang memang dibutuhkan, karena yang lain-lain sudah di provide aka kado dari teman-teman.

Nih jadi kurang lebih nya, barang-barang bayi yang kira-kira wajib dibeli:

  • Baju bayi (mulai dari sleepsuit, baju lengan pendek, celana pendek, swaddle, baju pergi), wah kalau budget untuk ini sih gak bakal berkesudahan. Secara bertumbuhnya pesat banget. FYI, si baby M sejak usia 3 bulan sudah pakai baju ukuran 6 bulan 😀
  • Bedding set (bantal peang, bolster), ini boleh dikadoin juga sama saudara.
  • Baby box, kalau yang ini sih, saya sewa trial gitu. Berhubung baby M gak betah di baby box saya & suami memutuskan untuk tidak beli dulu. Mungkin nanti kalau si baby M sudah mulai merangkak & belajar berdiri bakal perlu banget. Supaya ga meluncur bebas dari kasur. Yang saya incar sih baby box Nuna Sena, harganya sekitar 1,5juta.
  • Bouncer, ini modal dikasih sama temen kantor 🙂 tapi lagi mengincar Nuna Leaf, harganya sekitar 1,8juta di Chubby Baby Shop.
  • Stroller, ini juga modal malakin bos bule saya 🙂
  • Tas bayi, beli di online shop Instagram. Merk Graco, kebetulan lagi diskon. Harga nya 250rb.
  • Baby Essentials, sabun mandi awalnya pakai switzal, lalu cussons, sekarang sedang coba Mothercare. Minyak telon awalnya pakai merk switzal, lalu sekarang pakai Konicare. Baby oil pakai merk Oriflame dan Johnson & Johnson. Cologne juga pakai merk Johnson & Johnson, baunya enyak! Lotion & baby cream awalnya pakai merk cussons lalu sekarang pakai merk Johnson & Johnson.
  • Kapas bulat merk Wellness isi 100, harganya cuma 7rb di Fany Baby Shop
  • Diapers, awalnya saya & suami ga paham soal ini. Asal beli diapers merk Sweety. Tapi akhirnya review punya review, pilihan suami jatuh ke Pampers Premium. Ini bagus banget. Lembut di kulit baby M, nahan banyak pee & yang paling penting gak bikin ruam dan gak bocor. Untuk diapers murah mah jagonya di bilna.com. Saya selalu beli diapers di bilna.
  • Perlak besar & perlak kecil. Perlak besar nya untuk mandi, perlak kecil nya untuk dibawa kemana-mana.
  • Botol. Untungnya baby M gak rewel & susah sih. Aku pakai merk Pigeon & Dr. Browns aja. Botol merk Pigeon nya dikasih sama temen, kalau Dr. Browns beli di Fany Baby Shop harganya 105rb.
  • Sikat botol, waktu itu saya beli di hipermart aja sih merk Huki. Harga lupa.
  • Sterilizer, saya pakai merk Chicco. Ini kado dari ex temen kantor. Setelah saya cek harganya di kisaran 550rb-600rb.
  • Bottle warmer, ini juga hasil kado dari ex temen kantor. Merk little giant. Kalau ga salah harganya di kisaran 150rb.
  • Detergent baju bayi, saya pakai merk Precious Bee. Harga refill nya 45rb di Chubby Baby Shop, di toko lain mungkin sekitar 50rb.
  • Stroller Chimes, alias gantungan buat distraction si baby M kalau di stroller supaya ga bete. Ini juga boleh dikasih. Harganya dikisaran 200rb.

Paling segitu aja sih perlengkapan untuk new born yang paling urgent harus dibeli. Lain cerita lagi kalau anaknya udah MPASI. List nya makin buanyaaak. Aku udah mulai hunting dari sekarang nih, nyicil-nyicil. Nanti akan release list perlengkapan MPASI.

Have a good day!